Electronic Resource
Rencana Bisnis Frozen Vegetarian Katsu “VeggieKatsu” dengan Menggunakan Analisis Bisnis Model Kanvas
Gaya hidup sehat sudah menjadi tren di masyarakat dunia termasuk juga
Indonesia. Maraknya tren hidup sehat ini juga mempengaruhi pola makan di
beberapa kalangan masyarakat. Mengkonsumsi makanan sehat beriringan dengan
gaya hidup sehat, karena sebagian masyarakat menganggap makanan konvensional
kurang baik bagi kesehatan serta lingkungan untuk jangka panjang. Menurut Prof
Hardiansyah, selaku Ketua Umum Pegizi Pangan Indonesia menyatakan bahwa
rendahnya konsumsi buah dan sayur menunjukkan tingkat kesadaran dan
kepedulian gizi seimbang warga yang perlu dicermati. Dalam hal ini VeggieKatsu
memiliki fokus terhadap dua objek penelitian yaitu customer segment dan value
propositions. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode action
research dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan melalui dua tahap yaitu
uji masalah dan uji solusi dengan melakukan wawancara dan juga penawaran solusi
atas masalah yang telah diutarakan oleh 30 responden. Berdasarkan pengujian
masalah dan pengujian solusi, hasil yang didapatkan berupa penetapan model bisnis
baru pada komponen customer segments, value propositions, dan channels.
Customer segments VeggieKatsu terdiri dari ibu rumah tangga, pekerja, penyuka
hal praktis, dan penyuka makanan sehat. Value propositions dari VeggieKatsu
adalah aneka varian dari VeggieKatsu, makanan sehat, alami, halal, dan tanpa
pengawet, menggunakan nori flakes & nori sheets, saus dengan beberapa varian
rasa, serta beberapa pilihan ukuran kemasan. Untuk komponen channels,
diperbaharui ke dalam beberapa sumber yaitu media sosial, kerjasama dengan mitra
online, kerjasama dengan minimarket serta fresh market.
No other version available