Electronic Resource
Pengaruh Religiusitas, Digital Payment, dan E-Service Quality terhadap Perilaku Konsumtif pada Pengguna E-Commerce (Studi Kasus Mahasiswa Jabodetabek Pengguna Shopee)
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, digital
payment, dan e-service quality terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce
dengan studi kasus mahasiswa Jabodetabek yang menggunakan aplikasi Shopee.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data
primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Total responden yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 132 mahasiswa muslim dari perguruan tinggi
didaerah Jabodetabek yang merupakan pengguna aplikasi Shopee. Teknik analisis
yang digunakan adalah Structural Equation Model berbasis Partial Least Square
(PLS-SEM) dan diolah menggunakan software SmartPLS 4.
Hasil/temuan: Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa variabel digital
payment dan e-service quality memiliki pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Kemudian untuk variabel religiusitas
memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif
mahasiswa.
No other version available