Electronic Resource
Preferensi Generasi Y Dan Z Terhadap Intensi Penggunaan Produk Halal Untuk Perawatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Harian
Latar Belakang: Industri halal merupakan potensi besar bagi Indonesia yang
menawarkan kesempatan besar untuk mendukung pertumbuhan negara walaupun
pertumbuhan ekonomi global rendah. Secara umum pasar global perlu mengatasi
kebutuhan akan produk halal termasuk pada sektor farmasi dan kosmetik.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah sikap, norma subjektif,
kontrol perilaku, dan religiusitas berpengaruh terhadap niat penggunaan produk
halal untuk produk perawatan kesehatan gigi dan mulut harian pada generasi Y dan
Z karena produk ini digunakan secara masif namun belum banyak dikaji.
Metode: Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural
Equation Modelling (SEM). Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah 145 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer
yaitu generasi Y dan Z yang tinggal di wilayah Indonesia.
Hasil: Penelitian ini menemukan bahwa variabel yang memengaruhi terhadap
intensi atau niat penggunaan adalah kontrol perilaku, religiusitas dan norma
subjektif. Di sisi lain, sikap tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat
penggunaan. Penelitian ini akan bermanfaat bagi pelaku industri halal khususnya
sub sektor farmasi dan kosmetik untuk menyusun strategi dalam meningkatkan
awareness dan penggunaan produk oleh masyarakat. Di samping itu, penelitian ini
akan berkontribusi sebagai salah satu referensi bagi regulator dalam meningkatkan
ekosistem industry halal seperti regulasi dan infrastruktur.
No other version available