Electronic Resource
Model Bisnis Kanvas Perencanaan Model Bisnis Kanvas Kedai Kopi 1 Lot Coffee
Perkembangan kedai kopi di Indonesia saat ini terus berkembang seiring
dengan peningkatan jumlah konsumsi di Indonesia saat ini. Menurut laporan
International Coffee Organization (ICO) dalam (Katadata, 2018) bahwa Indonesia
telah menjadi negara nomor enam dengan jumlah konsumsi kopi terbesar di dunia
pada tahun 2017 mencapai 4,6 juta kemasan dibawah negara Rusia. Berdasarkan
meningkatnya konsumsi kopi di dunia telah mendorong fasilitas akomodasi
berupa kedai kopi di Indonesia mulai merabah dengan menjajakan minuman kopi
siap saji sehingga dapat meningkatkan konsumsi hasil olahan biji kopi nasional.
Dengan kemunculan kedai kopi dapat menumbuhkan ekonomi kreatif dari
komoditas kopi, baik untuk pasar domestik maupun ekspor. Namun sangat
disayangkan, kurangnya perhatian pada atmosfer kedai kopi sebagai alat
pemasaran menjadi masalah dalam meningkatkan tingkat konsumsi pembeli di
industri kopi khusunya kedai kopi. Oleh karena itu, rancangan model bisnis
kanvas Kedai Kopi 1 Lot Coffee berfokus pada atmosfer kedai kopi untuk
meningkatkan pembelian konsumen, yang juga menjadi pembeli dengan gaya
hidup tertentu. Model bisnis 1 Lot Coffee berfokus pada value propotition,
customer segment dan channel dengan metode penelitian action research dan data
kualitatif. Penelitian ini melibatkan 30 responden yang terdiri dari
penikmat/pecinta kopi dan investor pasar modal. Maka ditemukan bahwa
pengaruh dari atmosfer kedai kopi dapat meningkatkan daya beli konsumen.
No other version available