Electronic Resource
Perancangan sistem pengukuran kinerja balanced scorecard di lembaga pendidikan (studi kasus pada sekolah menengah pertama islam al-azhar 1 jakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pengukuran kinerja dan
mengukur pencapaian kinerja pada SMP Islam Al-Azhar tahun 2013 dengan
Balanced Scorecard. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menetapkan sasaran
strategi berdasarkan program kerja SMP Islam Al-Azhar 1 beserta indikator
kinerja dalam pencapaian target pada masing-masing perspektif. Penelitian ini
menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer merupakan hasil
wawancara, kuesioner, dan observasi lapangan. Data sekunder diperoleh melalui
literatur melalui buku, jurnal, skripsi, data lembaga, dan publikasi lainnya. Nilai
hasil kinerja SMP Islam Al-Azhar 1 Tahun 2013 dengan pendekatan Balanced
Scorecard adalah 1,76. Hasil tersebut menunjukkan bahwa SMP Islam Al-Azhar 1
Tahun 2013 belum mampu mencapai seluruh target-target yang telah ditetapkan
sebelumnya karena nilai hasil kinerja yang masih berada dibawah skala 2
(mencapai target). Dengan nilai kinerja pada perspektif pelanggan adalah 0,38,
perspektif keuangan adalah 0,28, perspektif proses bisnis internal adalah 0,76,
serta pertumbuhan dan pembelajaran adalah 0,34. Dari 41 indikator kinerja yang
ada, diketahui 15 indikator belum tercapai, 21 telah mencapai target, dan 5 telah
melebihi target yang ada. Oleh karena itu, perlu adanya pembenahan diri dengan
evaluasi agar kinerja di tahun mendatang dapat menjadi lebih baik lagi.
No other version available