Electronic Resource
Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility (csr) pada bank syariah di indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan dan secara
empiris pengaruh profitabilitas, aset, leverage, dan GCG (Good Corporate
Governance) terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada
studi kasus perbankan syariah di Indonesia.
Sampel dari penelitian ini adalah seluruh bank syariah yang berada di
Indonesia. Terdapat 11 bank syariah dengan periode tahun 2010 sampai 2013.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi panel. Penelitian ini juga
menggunakan uji Chow dan uji Hausman.
Hasil dari penelitian menunjukan profitabilitas dan aset perusahaan
terhadap pengungkapan CSR. Terdapat 2 variabel yang tidak berpengaruh yaitu
leverage dan GCG. Hal tersebut dikarenakan leverage adalah tingkat hutang
sehingga perusahaan memilih untuk tidak melakukan pengungkapan CSR dan
membayar hutang-hutangnya. Variabel GCG tidak berpengaruh karena kurangnya
pengawasan manajemen terhadap pelaksanaan GCG. Sehingga pengungkapan
CSR tidak dapat dilakukan dengan maksimal
No other version available