Electronic Resource
Analisis penerapan total quality management (TQM) terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan
Persaingan global semakin kuat dan ketat, ditambah dengan akan
diadakannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) di akhir tahun 2015
mendatang. Dengan keadaan ekonomi tersebut, perusahaan harus dapat
memanfaatkan kemampuan yang dimiliki agar mampu bersaing dan memperoleh
keuntungan semaksimal mungkin. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas
agar mampu bersaing dan meningkatkan keuntungan (profit).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
signifikan antara Total Quality Management (TQM) terhadap keunggulan
bersaing dan kinerja perusahaan. Indikator dari variabel Total Quality
Management (TQM) adalah fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas,
pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerja sama tim, perbaikan sistem
secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, kebebasan yang terkendali,
kesatuan tujuan, serta adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. Variabel
keunggulan bersaing memiliki indikator yaitu harga, kualitas, dan inovasi produk.
Indikator dari variabel kinerja perusahaan ada dua, yaitu kinerja keuangan dan
kinerja operasional. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada
manajer dan karyawan sebanyak 80 responden di perusahaan manufaktur. Metode
analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Structural Equation
Modeling (SEM) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Untuk
menguji hipotesis digunakan software SmartPLS 2.0 M3.
Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Total
Quality Management (TQM) terhadap keunggulan bersaing. Begitu juga dengan
keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan terdapat pengaruh yang
signifikan. Tetapi tidak terdapat pengaruh signifikan antara Total Quality
Management (TQM) terhadap kinerja perusahaan.
No other version available