Electronic Resource
Pengaruh implementasi customer relationship marketing pada loyalitas konsumen
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi
Customer Relationship marketing terhdap loyalitas pelanggan PT.Indosat. Sampel
yang digunakan sebanyak 100 responden dengan pendekatan non-probability
sampling dan Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini respondennya adalah adalah
mereka yang berusia 18 tahun keatas yang pernah membeli produk PT.Indosat, dan
konsumen yang telah menjadi konsumen PT.Indosat lebih dari setahun. Kemudian
dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif.
Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi berganda, uji F dan uji t serta koefisien determinasi (R²).
Berdasarkan analisis data, Hasil uji t diperoleh kesimpulan bahwa secara
parsial variabel Understanding Customer Expectation pada loyalitas mempunyai
pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variable loyalitas, variabel Building
Service Partnership memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
variabel loyalitas, variabel Total Quality Management memiliki pengaruh yang
negative dan tidak signifikan terhadap loyalitas dan variabel Empowering
Employees memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hasil
uji F bahwa secara simultan variabel Understanding Customer Expectation,
Building Service Partnership, Total Quality Management, Empowering Employees
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan variabel Building Service
Partnership mempunyai pengaruh paling dominan terhadap loyalitas pelanggan.
No other version available