Electronic Resource
Rancangan bisnis kedai rumah ramen
Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan model bisnis Rumah
Ramen yang menggunakan frameworkBusinessModel Kanvas. Rumah ramen
merupakan sebuah inovasi pada produk mie, dimana produkini menggunakan bahan
yang sehat yaitu dari bahan-bahan sayuran serta menggunakan kuah nusantara. Hal
yang mendasari untuk dikembangkannya produk ini adalah untuk menemukan
sasaran yang tepat produk dari Rumah Ramen. Oleh karena itu, dibuatlah suatu
model bisnis kanvas untuk mengetahui kelayakan produk tersebut. Dalam penelitian
ini menggunakan metode Action Research dengan pendekatan Customer Discovery.
Terdapat dua tahapan utama dalam model bisnis ini, yaitu pengujian permasalahan
dan pengujian solusi sebagai hasil pada pengujian permasalahan.
Hasil penelitian ini ditemukan setelah melakukan pengujian masalah dan
pengujian solusi, maka telah didapatkan hasil rancangan bisnis yang sesuai dengan
keinginan dan kebutuhan calon konsumen, dan usaha Kedai Rumah Ramen
dinyatakan layak dilihat dari hasil perhitungan NPVdi butuhkan waktu selama 3
bulan 6 hari.Serta berdasarkan hasil perhitunganIRR diperoleh hasil sebesar 40,713%,
sehingga usaha ini dapat di katakan layak. Hal ini dikarenakan nilai IRR lebih besar
dari nilai suku bunga pinjaman pada bank saat ini sebesar 6,5%
No other version available