Electronic Resource
Rencana bisnis dalam industri kreatif pada produk merchandise dengan Brand OU
Produk Merchandise kampus merupakan salah satu media pemasaran
alternative yang dapat membantu menaikan eksistensi sebuah lembaga atau
perusaaan dengan cara yang berbeda. Hal inilah yang mendasari penulis untuk
mengembangankan produk merchandise dalam memenuhi peluang serta
kebutuhan pasar yang tersedia. Oleh karena itu, dibuatlah suatu kanvas model
bisnis untuk mengukur kelayakan produk tersebut, terutama dalam menentukan
custumer segments dan value propositions yang tepat. Rencana model bisnis ini
menggunakan metode action research dengan pendekatan costumer discovery.
Terdapat dua tahapan utama dalam model pengujian bisnis ini, yaitu pengujian
permasalahan dan pengujian solusi. Sebagai hasil pada pengujian tersebut 93,33%
dari 30 responden setuju dengan ide bisnis merchandise dan sebanyak 67%
responden yang diuji mengatakan bahwa merchandise dapat membantu promosi.
Kemudian titik impas atau BEP Our Universitees ialah 144 unit dan IRR sebesar
30%. Selain itu, terdapat permasalahan permasalahan dalam produk merchandise
yang menghasilkan solusi-solusibaru dari hasil pendapat dan saran para
responden.Berdasarkan hasil tersebut, didapatkan hasil akhir kanvas model bisnis,
dan pembaruan-pembaruan pada customer segments dan value propositions yang
telah disesuaikan dengan pasar.
No other version available