Electronic Resource
Rencana bisnis Tote Bag dengan Brand Jazera : studi kasus (wilayah kota Bogor)
Produk Tote Bag merupakan salah satu model tas jinjing berbentuk kotak
dan terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya.
Tas Tote Bag juga merupakan tas sebagai pelengkap atau tas tambahan yang
sangat membantu dan dibutuhkan karena kegunaan Tote Bag yang sangat
bermanfaat dan multifungsi. Adapun hal yang mendasari untuk dikembangkannya
produk ini adalah perkembangan jumlah konsumen Tote Bag apalagi telah
resminya peraturan pemerintah mengenai plastik belanja. Oleh karena itu,
dibuatlah suatu kanvas model bisnis untuk mengetahui kelayakan produk tersebut,
terutama dalam menentukan customer segments dan value propositions yang
tepat. Rencana model bisnis ini menggunakan metode action research dengan
pendekatan customer discovery. Terdapat dua tahapan utama dalam model bisnis
ini, yaitu pengujian permasalahan dan pengujian solusi. Sebagai hasil pada
pengujian permasalahan, 56,67% dari 30 responden ditentukan sebagai konsumen
potensial produk Tote Bag. Selain itu, terdapat tiga permasalahan dalam produk
Tote Bag, yaitu disain bentuk yang begitu saja, kurang dalam inovasi dan custom
pada Tote Bag yang membutuhkan waktu sangat lama. Untuk mengatasi
permasalahan-permasalahan tersebut, beberapa solusi ditawarkan kepada
konsumen potensial sehingga mereka memberikan pendapat dan sarannya. Para
konsumen menyatakan bahwa mereka tertarik untuk membeli produk tersebut.
Berdasarkan hasil tersebut, didapatkan hasil akhir kanvas model bisnis, terutama
pembaruan pada customer segments dan value propositions.
No other version available