Electronic Resource
Analisa akad ijarah dalam transaksi jual beli online menurut perspektif islam : studi kasus pada OLX.co.id
Transaksi online (e-commerce) mengalami peningkatan yang signifikan dari
tahun ke tahun, salah satu online classified yang memiliki pengguna terbesar di
Indonesia adalah OLX, sehingga perlu adanya kajian khusus tentang hal ini
dikarenakan mayoritas penduduk indonesia Bergama Islam sekaligus pengguna
beberapa layanan e-commerce yang ada. Penelitian ini mengkaji tentang akad ijarah
yang terjadi antara pengguna dan pihak OLX ditinjau dari perspektif syariah,
dikarenakan kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya memahami rukun
dan syarat suatu akad sehingga tidak hanya sah secara hukum positif di Indonesia tapi
sah juga menurut Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
menggunakan pendekatan ushul fiqih. dalam praktiknya keabsahan akad ijarah dapat
dilihat dari beberapa aspek diantaranya kedua belah pihak yang melakukan akad,
sighat pada saat akad, adanya manfaat dari objek yang disewakan dan
pembayaran.dalam praktiknya pihak OLX sebagai pemberi sewa (muajjir) secara
umum mempunyai dua kebijakan bagi pengguna yang ingin memasang iklanya, yaitu
bisa secara gratis dan berbayar (premium) untuk iklan yang premium OLX telah
memenuhi beberapa aspek yang disyaratkan oleh islam akan tetapi ada beberapa yang
belum sesuai diantaranya adalah hilangnya saldo OLX pengguna dalam jangka waktu
yang telah ditentukan oleh pihak OLX. Sehingga secara umum akad ijarah pada iklan
premium OLX tidak sesuai dengan prinsip ijarah dalam islam.
No other version available