Electronic Resource
Rencana Bisnis Kuliner Halal Pempek Kinara Menggunakan Analisis Bisnis Model Kanvas
Makanan menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan insan yang ada di muka bumi,
terutama pangan sendiri terdiri dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan,
perikanan, perternakan, dan perairan, baik yang diolah maupun tidak diolah yang
di mana diperuntukan sebagai makanan atau minuman yang akan di konsumsi
manusia. Indonesia termasuk sebagai salah satu negara penghasil ikan yang cukup
besar namun tingkat konsumsi ikan yang ada di Indonesia ini masih tergolong
rendah. Dari segala upaya melestarikan serta mengembangkan makanan budaya
yang akan di nikmati semua kalangan, adanya pempek makanan tradisional khas
Indonesia dari Palembang yang berbahan dasar ikan giling ini menjadi salah satu
poros perekonomian dan makanan yang kaya akan protein hewani, tinggi
karbohodrat dan vitamin yang baik untuk kebutuhan tubuh manusia. Dari semua ini
penulis ingin menciptakan produk Pempek KINARA yang menggunakan bahan
berkualitas dan varian isi dalam produk pempek kapal selam. Penelitian ini
dilakukan untuk menyusun rencana bisni Pempek KINARA yaitu melakukan
pencarian customer segments dan value propositions. Metode yang digunakan
adalah metode action research dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
dilakukan dengan dua tahap, yaitu uji masalah dan uji solusi dengan melakukan
wawancara dengan 30 reponden mengenai permasalahan yang dirasakan dan
mengajukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Dari hasil uji masalah
dan uji solusi yang penulis lakukan, maka customer segmentation Pempek
KINARA adalah pelajar /mahasiswa, kelurga/ibu rumah tangga dan karyawan. Dan
penulis berhasil menawarkan value proposition yaitu ikan tenggiri yang berkualitas
dan segar, varian isi keju mozzarella dan telur pedas pada pempek kapal selam, rasa
kuah pempek khas Palembang, dan desain kemasan dan produk.
No other version available