Electronic Resource
Pengembangan Bisnis Shafira-Textile Dengan Analisis Bisnis Model Kanvas
Tujuan : Penelitian yang dilakukan di Shafira Textile ini bertujuan untuk
mengembangkan usaha di bisnis ini dengan melakukan observasi secara langsung
serta untuk mengetahui breakeven point mengenai volume operasi dan pendapatan
penjualan di Shafira Textile. Toko Shafira Textile adalah sebuah bisnis textile yang
menawarkan produk barang yang ada di kota Bogor. Dalam perkembangannya,
usaha di Shafira Textile mengalami persaingan, maka dari itu diperlukanlah suatu
model bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Bisnis Model
Kanvas dan membuat analisis SWOT serta pemasaran syariah yang diterapkan.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis
menggunakan sembilan blok business model canvas, adalah Customer Segments,
Channels, Customer Relantionship, Revenue Stream, Value Proposition, Key
Resouces, Key Activities, Key Patnership, Cost Stucture, Matrik SWOT serta
karakteristik Pemasaran Syariah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil / Temuan : Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Toko Shafira Textile pada
dasarnya telah menerapkan business model canvas dan analisis jenis SWOT, ini
memberikan dasar yang baik untuk diskusi lebih lanjut serta pengambilan
keputusan yang mana kekuatan peluang lebih banyak dari pada kelemahan
ancaman bagi toko Shafira Textile dan akhirnya harus ada inovasi dalam model
bisnis. Dan pada akhirnya dapat diketahui bahwa Shafira Textile telah menerapkan
model bisnis sesuai teori dan konsep pemasaran syariah dan telah menjalankan
konten islami yang terdiri dari empat karakteristik pemasaran syariah yaitu
Ketuhanan, Etis, Realistis dan Humanitis.
No other version available