Electronic Resource
PERENCANAAN BISNIS SOFT COOKIES “MAMABEBE” MENGGUNAKAN MODEL BISNIS KANVAS
Cookies mamaBEBE merupakan produk makanan ringan atau kudapan
yang memiliki ragam varian sebagai pilihan, seperti Matcha Soft Cookies, Red
Velvet Soft Cookies, Chocolate Candy Cookies, dan juga American Soft Cookies,
dengan menerapkan sedikit gula dalam kandungan produknya
Penulisan bertujuan untuk mendapatkan Value Propositions yang tepat dan
juga Customer Segment yang sesuai pada Bisnis Cookies mamaBEBE
Metode yang digunakan dalam penyusunan model bisnis adalah dengan
Action Research, yang dimana tahap penulisan dibagi menjadi dua bagian, yakni
Uji Masalah dan Uji Solusi. Penulis mencari responden yang nantinya akan ada
wawancara terkait produk yang ingin diteliti, jumlah responden dalam penulisan ini
berjumlah 30 orang, segmen yang diambil adalah Karyawan, Ibu rumah tangga,
Mahasiswa, dan pebisnis.
Berdasarkan ekstraksi model bisnis awal, Cookies mamaBEBE bertambah
Customer Segmentsnya, yang awalnya orang dengan mobilitas tinggi, kini
dihilangkan dan ditambah dengan Karyawan dan pebisnis, sementara untuk Value
Proposition yang sebelumnya: Premium Ingredients, Special Gifts, Safety and Fast
Delivery, berubah menjadi: Menggunakan Bahan-bahan Cookies yang berkualitas
tinggi dan memiliki sedikit gula dan kalori, Special Gifts, Safety and Fast Delivery.
Setelah dilakukan pengujian solusi terjadi perubahan dalam hal Value Propositions,
perubahan itu adalah: Menggunakan Bahan-bahan Cookies yang berkualitas tinggi
dan memiliki sedikit gula dan kalori, Packaging berupa Cardboard yang dipadu pita,
dan stiker berlogo, Safety and Fast Delivery, dan Menghadirkan varian Matcha, Red
Velvet, dan Chocolate Candy Soft Cookies
No other version available