Electronic Resource
Rencana Bisnis Fashion Muslimah "Mooz Daily Outfit" Dengan Analisis Model Bisnis Kanvas
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki peluang pasar yang
potensial untuk produk Industri Halal. Pada tahun 2020, industri halal di Indonesia
mengalami pertumbuhan yang pesat, The Global Economic Indicator (2020)
menyatakan bahwa Indonesia menempati tingkat ke-4 Dunia untuk sektor
perkembangan ekonomi syariah. Salah satu sektor industri halal yang strategis
adalah Fashion. Selain berfungsi sebagai pakaian yang merupakan kebutuhan
manusia. Fashion juga menjadi sarana untuk bisa memaksimalkan diri dalam
beraktifitas sehari-hari, bertemu dengan banyak orang, bekerja, kuliah, sekolah, dan
lain-lain. Dalam hal ini Mooz Daily Outfit hadir dengan konsep multifunction
design. Multifunction design disini merupakan pakaian yang bisa digunakan untuk
berbagai occasion. Dalam penelitian model bisnis kanvas ini, Mooz Daily Outfit
memiliki fokus terhadap dua objek penelitian yaitu customer segments dan value
propositions. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode action
research dengan pendekatan kualitatif, penelitian dilakukan melalui dua tahap yaitu
uji masalah dan uji solusi dengan melakukan wawancara dan juga penawaran solusi
kepada 30 responden. Berdasarkan pengujian masalah dan pengujian solusi, hasil
yang didapatkan berupa penetapan model bisnis baru pada komponen customer
segments, value propositions dan revenue streams. Customer segments Mooz Daily
Outfit terdiri dari mahasiswi aktif, dan pekerja kantor, bisnis, serta pengusaha.
Value propositions Mooz Daily Outfit antara lain: Multifunction design, Material
ramah lingkungan dan good quality, Casual Hijabi Friendly, Available Custom.
Untuk komponen revenue streams diperbaharui ke dalam dua sumber yaitu
penjualan produk dengan bahan linen, katun madina dan katun jepang.
No other version available