Electronic Resource
Rencana Pengembangan BIsnis "Daikha Parfum" Menggunakan Analisis Bisnis Model Kanvas
Parfum merupakan campuran minyak atsiri dan senyawa aroma, fiksatif, dan
pelarut yang digunakan untuk memberikan bau harum pada tubuh manusia, ruangan,
atau objek tertentu. Daikha Parfum merupakan sebuah usaha yang memasarkan jenis
parfum non alkohol dengan varian sholat lima waktu sehingga parfum eksklusif ini
memberikan wangi yang khas untuk menemani beribadah dan juga aktifitas sehari-hari.
Beberapa varian parfum yang dipasarkan oleh daikha Parfum yaitu Shubuh Series,
Dzuhur Series, Ashar Series, Maghrib Series, dan Isya Series. Dalam penelitian model
bisnis kanvas ini, Parfum Non-alkohol memiliki fokus terhadap dua objek penelitian
yaitu customer segments dan value propositions. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode action research dengan pendekatan kualitatif, penelitian
dilakukan melalui dua tahap yaitu uji masalah dan uji solusi dengan melakukan
wawancara dan juga penawaran solusi kepada 30 responden. Berdasarkan pengujian
masalah dan pengujian solusi, hasil yang didapatkan berupa penetapan model bisnis
baru pada komponen customer segments, value propositions dan revenue streams.
Customer segments dari Parfum Non-alkohol terdiri dari mahasiswi, karyawan atau
pekerja. Value propositions Parfum Non-alkohol antara lain: Packaging box kecil,
memiliki 20 varian berbeda, tidak meninggalkan noda dan produk sudah BPOM
No other version available