Electronic Resource
Kelibatan Konsumen Di Situs jejaring Sosial Facebook Pada Produk Halal Indonesia Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Merek
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan konsumen
di situs jejaring sosial Facebook yang berfokus kepada produk halal
Indonesia beserta pengaruhnya terhadap loyalitas merek. Digunakan
7 variabel untuk menganalisis intensi tersebut, yaitu; (1) pencarian
informasi, (2) hiburan, (3) manfaat ekonomi, (4) manfaat sosial, (5)
kepercayaan, (6) pengaruh sosial, (7) brand love. Dan untuk
mengetahui pengaruh ke-7 variabel tersebut apakah memberi
pengaruh yang simultan terhadap keterlibatan konsumen dan
loyalitas merek.
Metode : Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dikarenakan data yang akan diolah merupakan data rasio dan yang
menjadi fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya
pengaruh antar variabel yang diteliti. Dalam memperoleh data
menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner melalui
google form kepada 160 pengguna Facebook di Jabotabek dan data
sekunder yang bersumber dari buku, jurnal, skripsi dan artikel.
Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modelling
Partial Least Square (SEM-PLS).
Hasil : Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pencarian
informasi, hiburan, manfaat ekonomi, manfaat sosial, pengaruh
sosial dan keterlibatan konsumen terhadap keterlibatan konsumen
dan loyalitas merek. Selain itu terdapat pengaruh negatif dan
signifikan antara variabel brand love terhadap keterlibatan
konsumen. Kemudian terdapat hasil yang positif dan tidak signifikan
antara variabel kepercayaan terhadap keterlibatan konsumen.
No other version available