Electronic Resource
Pengembangan Bisnis Budaya Udang Vannamei Di Subang Dengan Analisis Model Bisnis kanvas
Udang vannamei merupakan salah satu komoditas unggulan produk perikanan
budidaya yang banyak dibudidayakan dan memiliki prospek yang baik sangat baik
sehingga perlu dikembangkan. Diperlukan strategi yang tepat untuk pengembangan
budidaya yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor
kekuatan dan kelemahan, menganalisis faktor peluang dan ancaman, mengembangkan
alternatif strategis yang tepat dan menganalisis aspek keuangan untuk budidaya udang
vaname di Instalasi Budidaya Air Payau Subang. Strategi prioritas alternatif adalah
meningkatkan kualitas fasilitas operasi untuk mendukung budidaya. Dalam penelitian
model bisnis kanvas ini memiliki fokus terhadap dua objek penelitian yaitu customer
segments dan value propositions. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode action research dengan pendekatan kualitatif, penelitian dilakukan melalui dua
tahap yaitu uji masalah dan uji solusi dengan melakukan wawancara dan juga
penawaran solusi kepada beberapa responden. Berdasarkan pengujian masalah dan
pengujian solusi, hasil yang didapatkan berupa penetapan model bisnis baru pada
komponen customer segments, value propositions dan revenue streams. Customer
segments Pengembangan Udang terdiri dari Pebisnis, Pengepul, dan Pedagang. Value
propositions Pengembangan Udang antara lain ukuran pada udang, penerapan sistem
rantai dingin, dan kesehatan pada udang.
No other version available