Electronic Resource
Rancangan Bisnis Produk Rendang kemasan Dengan Analisis Bisnis Model Canvas
Rendang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan
campuran dari berbagai bumbu dan rempah. Rendang berasal dari tanah
Minangkabau, Sumatra Barat. Dalam tradisi Minangkabau, rendang adalah
makanan yang wajib disajikan dalam setiap perayaan. Rendang cocok digunakan
unutk bantuan pangan bagi korban bencana alam karena tahan lama dan kandungan
gizi yang baik. Pada 2011, rendang mendapatkan peringkat pertama pada World 50
Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International
(Krisda Tiofani, 2021). Pada 2018, rendang diresmikan sebagai salah satu dari lima
hidangan Nasional Indonesia, menurut Kedutaan Republik Indonesia. Dalam hal
ini rendang hadir dengan konsep yang inovasi yaitu Rendang Kemasan kaleng.
Kemasan kaleng disini akan memudahkan pada saat sedang berpergian dan dalam
waktu kepepet. Dalam penelitian model bisnis kanvas ini, Rendang Kemasan
memiliki focus terhadap dua objek penelitian yaitu customer segments dan value
propositions. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode action
research dengan pendekatan kualitatif, penelitian dilakukan melalui dua tahap yaitu
uji masalah dan uji solusi dengan melakukan wawancara dan juga penawaran solusi
kepada 30 responden. Berdasarkan pengujian masalah dan pengujian solusi, hasil
yang didapatkan berupa penetapan model bisnis baru pada komponen customer
segments, value propositions dan revenue streams. Customer segments dari
Rendang Kemasan terdiri dari mahasiswi, karyawan/pekerja dan ibu rumah tangga.
Value propositions Rendang Kemasan antara lain: Bumbu rempah yang kuat, rasa
bumbu rendang pedes-gurih, kemasan yang higienis dan tahan lama, praktis dan
siap saji, daging tanpa lemak, tekstur daging yang lunak, dan tersertifikasi Halal
dan BPOM.
No other version available