Electronic Resource
Rencana Bisnis "Tempoyak Kito" Makanan Khas Jambi Dengan Analisis Bisnis Model Canvas
Sebagai daerah beriklim tropis, Indonesia menjadi salah satu tempat bagi
tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh subur. Diantara buah-buah tersebut dapat
dikonsumsi atau dapat diolah menjadi berbagai makanan khas yang berbeda-beda
ditiap-tiap daerah. Indonesia menjadi pasar yang cukup menggiurkan bagi para
pebisnis, hal ini disebabkan karena banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang
merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia. Buah
durian merupakan salah satu komoditas buah-buahan yang mempunyai nilai
ekonomi cukup penting dipasar perdagangan. Indonesia perlu menghasilkan
varietas unggul baru dengan cara mengeksplorasi varietas lokal. Dalam upaya
pemuliaan durian perlu ditetapkan tanaman induk dengan parameter sesuai
keinginan supaya tersedia materi genetik untuk pemulia. Peningkatan produksi
durian dari segi jumlah dan kualitas perlu dilakukan dengan memanfaatkan plasma
nutfah yang ada Pengolahan daging durian dapat dikategorikan sebagai pengolahan
yang melibatkan mikroba atau diproses secara mikrobiologi (fermentasi) dan
pengolahan secara fisika kimia (non-fermentasi). Pengolahan secara mikrobiologi
merupakan proses pengolahan yang melibatkan bakteri asam laktat atau fermentasi.
Produk yang dihasilkan dikenal dengan sebutan tempoyak. Dengan demikian
dirancanglah model bisnis ini dengan menggunakan konsep bisnis model canvas
yang difokuskan pada elemen Customer Segment dan Value Proposition. Model
bisnis Tempoyak Kito dirancang dengan metode action research dan menggunakan
dua tahap pengujian, yaitu uji masalah dan uji solusi terhadap 30 responden dengan
wawancara mengenai permasalahan yang dirasakan oleh penulis dengan
mengajukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Dari hasil uji masalah
dan uji solusi yang penulis lakukan maka customer segment dari Tempoyak Kito
adalah pekerja kantoran, ibu rumah tangga, pelajar atau mahasiswa dan pecinta
kuliner. Dan penulis berhasil menawarkan value proposition yaitu, adanya berbagai
varian toping tempoyak, packaging menggunakan wadah toples, adanya bonus
kardus jinjing.
No other version available