Electronic Resource
Pengaruh Religiusitas Dan Motivasi Profit Terhadap Pengajuan Sertifikasi Halal UMKM Kuliner Di Bogor Raya
Tujuan : Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pemahaman halal,
religiusitas dan motivasi untuk mendapatkan profit terhadap niat mengajukan
sertifikasi halal UMKM kuliner di Kabupaten dan Kota Bogor, Jawa Barat.
Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer.
Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online dan offline
kepada 100 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Kabupaten dan Kota
Bogor. Data dianalisis menggunakan pendekatan Structural Equation ModelingPartial Least Squares – (SEM-PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS.
Hasil/Temuan : Hasil penelitian ini menyimpulkan tingkat religiusitas pelaku
usaha dan motivasi mendapatkan profit yang lebih besar berpengaruh terhadap
niat dan minat mengajukan sertifikasi halal produk UMKM yang mereka jual.
Sebaliknya, walaupun hasil statistika deskriptif menunjukan tingkat pemahaman
halal para responden tergolong baik, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap
niat pelaku usaha mikro kecil dan menengah mengajukan sertifikasi halal.
No other version available