Electronic Resource
Analisa cost based pricing vs market based pricing dalam penentuan harga jual produk : studi kasus CV. Ganting Dompet
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan analisa cost based pricing dan
market based costing dalam penentuan harga jual produk dompet. Penelitian ini dilakukan di
CV. Ganting Dompet yang berlokasi di daerah Bukittinggi. Sedangkan yang digunakan untuk
analisa cost based pricing dengan metode full costing, dan untuk analisa market based
pricing dengan metode target costing.
Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa harga jual dengan menggunakan
kedua metode tersebut tidak sama. Harga jual dengan menggunakan metode full costing
sebesar Rp 35.000, markup sebesar Rp 14.500, dan biaya sebesar Rp 20.500. Harga jual
dengan menggunakan metode target costing sebesar Rp 29.700, markup sebesar Rp 14.500,
dan biaya sebesar Rp 15.200. Saran yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebaiknya CV
Ganting menerapkan target costing sebagai metode dalam penentuan biaya agar produk dapat
bersaing di pasar dengan harga yang rendah.
No other version available