Electronic Resource
Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Adopsi Teknologi Digital Terhadap Pembelian Aktual Produk Makanan Dan Minuman Usaha Mikro Kecil Dan Menegah (UMKM)
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sertifikasi halal dan
adopsi teknologi digital terhadap pembelian aktual produk makanan dan minuman
UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori perilaku terencana (Theory
of Planned Behavior/ TPB) dan teori penerimaan teknologi (Technology
Acceptance Model/TAM) untuk melihat pengaruh persepsi kegunaan, persepsi
kemudahan penggunaan, sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan
(perceived behavioral control), dan niat beli terhadap pembelian aktual produk
makanan dan minuman UMKM.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan mensurvei 100
konsumen muslim dari generasi milenial dan generasi Z di Kabupaten Bogor
melalui media elektronik (google form). Penelitian menggunakan pemodelan
persamaan struktural (SEM-PLS) untuk mengevaluasi hubungan antar konstruk.
Penelitian ini juga melakukan beberapa modifikasi pada hipotesis yang disusun
untuk mendapatkan model terbaik.
Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, norma
subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan (perceived behavioral control), dan niat
beli ditemukan memiliki hubungan positif terhadap pembelian aktual dan hasilnya
signifikan secara statistik dengan p-value 0.05
No other version available