Electronic Resource
Faktor yang mempengaruhi pengungkapan variabilitas laba antar segmen dan dampaknya terhadap respon pasar
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa faktor yang
mempengaruhi variabilitas laba antar segmen dan respon pasar atas variasi
pertumbuhan laba segmen yang dilaporkan perusahaan. Beberapa faktor yang
diuji pada penelitian ini adalah proprietary cost, agency cost, dan external
financing. Proksi yang digunakan untuk proprietary cost adalah abnormal profit
dan indeks Herfindahl. Sedangkan agency cost diproksikan dengan free cash flow
dan discretionary accrual. Penelitian ini melihat respon pasar dengan menilai
return saham, yakni perubahan harga saham lima hari sebelum dan setelah
publikasi laporan keuangan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi data panel. Objek
dalam penelitian ini adalah 69 perusahaan yang secara berturut-turut terdaftar di
DES pada periode 2012-2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa abnormal
profit tidak berpengaruh terhadap variabilitas laba antar segmen, dan indeks
Herfindahl secara signifikan negative mempengaruhi variabilitas laba antar
segmen. Sementara untuk kedua proksi agency cost, ditemukan tidak signifikan
mempengaruhi variabilitas laba antar segmen. Faktor terakhir yang diuji yakni
external financing yang menunjukan pengaruh negatif terhadap variabilitas laba
antar segmen. Sedangkan variabilitas laba segmen yang rendah mampu merespon
pasar yang baik.
No other version available