Electronic Resource
RENCANA BISNIS SLASHY LASH DENGAN ANALISIS BISNIS MODEL KANVAS
Beberapa tahun belakangan ini tren eyelash extension tengah ramai di kalangan
perempuan. Eyelash extension atau sambung bulu mata sambung bulu mata bisa
diartikan sebagai proses penyambungan bulu mata asli. Bahan utama yang digunakan
adalah bulu mata buatan yang disambung secara seksama pada bulu mata asli sehingga
terlihat lebih tebal, panjang dan lentik secara natural. Menurut data dari Google Trends
tentang minat ekstensi bulu mata di Indonesia 5 tahun terakhir menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan drastis di tahun 2019. Namun penanaman bulu mata atau eyelash
extension ini tentu memiliki dampak buruk atau resiko bagi para penggunanya. Hal
tersebut merupakan peluang yang besar untuk bisnis Slashy dengan bahan alami yang
bisa menumbuhkan bulu mata tanpa merusak bulu mata asli. Penelitian ini dilakukan
untuk menyusun rencana bisnis yang sesuai pada usaha Slashy. Fokus penelitian para
rencana bisnis Slashy ini yaitu pencarian customer segments dan value propositions.
Metode yang digunakan adalah metode action research dengan pendekatan kualitatif,
penelitian dilakukan dua tahap yaitu uji masalah dan uji solusi dengan menanyakan
masalah yang dialami dan dirasakan oleh 30 responden, dan menawarkan solusi yang
telah dirancang terkait permasalahan tersebut. Setelah melakukan pengujian masalah
dan pengujian solusi, hasil yang didapatkan yaitu penetapan model bisnis baru pada
komponen customer segments, value proposition, cost structure, dan key partnership.
Customer segments terdiri dari individu dengan rentang usia 17-24 tahun dengan
profesi sebagai mahasiswa, pekerja dan pengusaha. Value propositions Slashy yaitu
memiliki komposisi alami yang aman digunakan, kemasan yang efisien, dan layanan
customer care dengan ahli kecantikan tanpa biaya. Untuk revenue streams yaitu
penjualan produk Slashy kemasan besar 10ml dan kemasan kecil 5ml. Terakhir adalah
penambahan pada key partnership yaitu ahli kecantikan
No other version available