Electronic Resource
Analisis Strategi Pengembangan Berasa Fresh Dengan Menggunakan Business Model Canvas
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara
mengembangkan bisnis Berasa Fresh Milk dengan menggunakan business model
canvas sebagai tolak ukurnya.
Kriteria yang digunakan dalam pemilihan subjek penelitian ini adalah 1)
Responden adalah pengkonsumsi susu sapi; 2) Responden mengerti cara mengolah
susu sapi; 3) Responden berusia 19 tahun keatas, karena usia tersebut dinilai sudah
cukup mampu memberikan pendapat dan pernyataan yang tidak berubah-ubah.
Lebih spesifik, kriteria responden yang dipilih sebanyak lima orang yang berlatar
belakang satu orang berprofesi sebagai peternak sapi perah sekaligus menjual susu
olahan tersebut, tiga orang berprofesi sebagai penjual susu sapi olahan, dan satu
orang mahasiswa sebagai perwakilan konsumen. Dengan teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, serta teknik analisa data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan metode perbandingan tetap atau constant comparative
method. Pada akhirnya, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah
triangulasi sumber. Dari kelima responden, diketahui bahwa salah satu responden
menjadi triangulasi sumber adalah Muhammad Najib, karena beliau pemilik Berasa
Fresh Milk yang mana bisnis tersebut yang nantinya akan diteliti dan dikembangkan
sesuai dengan hasil penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa menurut responden, 1)
Customer segment dalam bisnis susu kemasan ini mencakup semua kalangan, baik
menurut usia maupun ekonomi, terkecuali bagi mereka yang memiliki penyakit
tertentu. 2) Customer relationship untuk bisnis susu kemasan ini adalah dengan
mencantumkan nomor telpon biasa atau nomor whatsapp pribadi atau bisnis. 3)
Channels untuk bisnis susu kemasan ini dapat menggunakan berbagai macam cara,
dapat menggunakan sosial media, offline, dan membuat forum marketing. 4)
Revenue stream untuk bisnis susu kemasan ini, mereka masih mengandalkan
penjualan produk saja. 5) Value proposition untuk bisnis susu kemasan ini hampir
semua sama, yaitu kualitas nomor satu, dari mulai bahan, cara pengolahan,
kebersihan dalam pengolahan dan penyajian. 6) Key activities untuk bisnis susu
kemasan ini semua sepakat, tidak lain adalah soal produksi, penjualan atau
pemasaran, dan juga pencatatan. 7) Key resources untuk bisnis susu kemasan ini,
seperti modal, karyawan, alat pengolahan, merek, kandang, booth, dan tempat sewa
atau kedai. 8) Key partnership untuk bisnis susu kemasan ini adalah pemasok bahan
baku (seperti susu sapi, kurma, gula, perasa), pemasok pengemasan produk (seperti
stiker, botol, dan lain-lain), dan para pihak ekternal (seperti kurir, agen, dan
reseller). 9) Cost structure untuk bisnis susu kemasan ini adalah gaji karyawan,
kandang, booth, kedai, bahan baku, listrik, air, wifi, dan gas.
No other version available