Electronic Resource
Analisis Pemanfaatan Digital Marketing Channels Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Kabupaten Nganjuk
Tujuan: Skripsi ini memberikan wawasan penggunaan digital marketing channels
bagi pelaku UMKM di Kabupaten Nganjuk. Mulai dari jenis channels yang
digunakan, kendala selama penggunaan dan manfaat yang didapatkan oleh
UMKM.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif
deskriptif dengan disain studi kasus pada UMKM di wilayah Kabupaten Nganjuk.
Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara semi-struktur dengan
pihak yang terkait, 30 responden pelaku UMKM yang terdaftar di Dinas
Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nganjuk sebagai peserta pelatihan
DEA Digital Talent Scholarship, observasi, dan analisis dari dokumen terkait.
Hasil/Temuan: Penelitian ini memberikan hasil bahwa pemanfaatan digital
marketing channels dapat memudahkan para pelaku UMKM dalam kegiatan
pemasaran: memberikan informasi, meningkatkan kesadaran merek, memperluas
pangsa pasar, dan meningkatkan penjualan. Temuan selanjutnya, yaitu UMKM di
Kabupaten Nganjuk mayoritas menggunakan sosial media sebagai salah satu
channels. Kendala yang didapat dalam pemanfaatan digital marketing channels
disebabkan karena UMKM di Kabupaten Nganjuk masih belum memprioritaskan
penggunaan digital marketing channels . Kendalanya antara lain pada pemahaman
UMKM terkait digital marketing dan channels nya, sumber daya meliputi modal
dan sumber daya manusia yang belum mumpuni. Selanjutnya, peneliti melalui
pendekatan bauran pemasaran– 4P (product, price, place, dan promotion)
menemukan strategi pemasaran digital UMKM di Kabupaten Nganjuk
No other version available