Electronic Resource
Rencana Bisnis Ceker Geprek "CEPREK" dengan Analisis Model Kanvas
Semakin banyaknya jumlah penduduk, maka semakin meningkat juga
kebutuhan akan makanan. Semakin meningkatnya kebutuhan makanan, maka
semakin tinggi juga usaha dalam bidang kuliner makanan dan akan meningkatkan
daya saing antar penjual makanan. Semakin meningkatnya persaingan,
menyebabkan pelanggan menghadapi lebih banyak alternatif produk, harga dan
kualitas yang bervariasi, semakin banyak pula pilihan produk yang ditawarkan yang
dapat memenuhi minat beli konsumen. Untuk dapat menarik minat beli konsumen,
pengusaha makanan harus bisa menciptakan produk makanan yang mempunyai
kualitas produk baik, unik, dan menarik. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah
memetakan proses bisnis Ceker Geprek menggunakan sembilan blok model bisnis
kanvas khususnya pada Customer Segment dan Value Proposition serta membuat
rancangan bisnis model kanvas yang dapat menyelesaikan masalah yang ada pada
bisnis Ceker Geprek.
Dalam penelitian model bisnis kanvas ini, Ceprek memiliki fokus terhadap
dua elemen dari Sembilan elemen bisnis model kanvas yaitu customer segments
dan value propositions. Menggunakan metode action research dan pendekatan
kualitatif, penelitian dilakukan melalui dua tahap pengujian yaitu uji masalah dan
uji solusi, dengan melakukan wawancara dan juga penawaran solusi kepada 40
responden.
Berdasarkan pengujian masalah dan pengujian solusi, hasil yang diperoleh
yaitu penetapan model bisnis baru pada komponen customer segments dan value
propositions. Customer Segments dari model bisnis Ceker Geprek terdiri dari
mahasiswa/i dengan rentang usia 21 – 30 tahun dengan rentang pendapatan Rp
1.000.000 – Rp 5.000.000 per bulan, dan karyawan dengan rentang pendapatan Rp
1.000.000 – Rp 5.000.000 per bulan. Adapun Value Proposition yang disepakati
oleh respoden yaitu memiliki varian rasa, keunikan kemasan, tanpa bahan
pengawet, dan bisa melihat langsung proses pembuatan. Pemasaran produk dengan
sistem offline bisa melihat langsung pembuatan dan secara online akan disediakan
berdasarkan kebutuhan konsumen, dan hal ini juga dilakukan untuk memperluas
jangkauan pemasaran produk Ceker Geprek kepada segmen yang lebih besar.
No other version available