Electronic Resource
Rencana Bisnis Peternakan Domba Garut Wiyata Farm Dengan Analisis Bisnis Model Canvas
Dewasa ini permintaan dan daya serap pada sektor usaha ternak kambing dan
domba cukup tinggi, hanya saja data menyebutkan tingkat pemenuhan kebutuhan
kambing dan domba masih belum bisa menyeimbangi dari permintaan tersebut. Hal
itu yang menjadi latar belakang penulis membuat rencana bisnis peternakan domba
Wiyata Farm. Sekaligus ikut berperan dalam pencapaian pasokan domba untuk
kebutuhan yang ada. Penelituan ini dilakukan untuk menyusun rencana bisnis pada
peternakan domba garut Wiyata Farm. Fokus penelitian ini pada penelitian rencana
bisnis Wiyata Farm yaitu melakukan pencarian customer segments dan value
propositions. Metode yang digunakan adalah metode action research dengan
pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap, yaitu uji masalah
dan uji solusi dengan melakukan wawancara dengan 30 responden dan menwarkan
solusi yang telah dirancang oleh penulis dengan sebaik-baiknya atas permasalahan
tersebut. Berdasarkan pengujian masalah dan pegujian solusi, hasil yang diperoleh
yaitu penetapan model bisnis baru pada komponen customer segments, value
proposition, cost structure dan juga revenue streams. Customer segments terdiri atas
peternak domba sekala kecil, hotel dan rumah makan, dan semua masyarakat yang
memiliki kebutuhan untuk qurban dan aqiqah.. Value propositions Wiyata Farm
yaitu memiliki lokasi peternakan yang terintegrasi, kualitas domba yang dikontrol
langsung oleh dinas peternakan dan kesehan hewan, asupan pakan untuk domba
yang terjaga kualitasnya, dan jaminan pengiriman menggunakan mobil pick-up.
Sedangkan revenue streams yaitu penjualan dari produk dari peternakan domba
garut Wiyata Farm.
No other version available