Electronic Resource
Rencana Bisnis ''Ciwareng Mini Soccer'' Dengan Analisis Bisnis Model Kanvas
Olahraga sepak bola merupakan olahraga paling populer dan paling
banyak peminatnya di Indonesia menurut skala survei Indonesia. Di Kabupaten
Purwakarta peminat olahraga sepakbola sangat tinggi, dapat dipastikan setiap desa
pasti memiliki minimalnya satu tim sepakbola. Akan tetapi lapangan sepakbola
yang ada di Purwakarta belum ada yang memiliki kualitas yang mumpuni baik
dari segi rumput atau dari segi fasilitas.
Hal ini membuat penulis memiliki ide bisnis Ciwareng Minisoccer di
harapkan menjadi solusi terhadap lapangan sepakbola yang ada di Kabupaten
Purwakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode Bisnis Model Kanvas 9
Blok dan terfokus pada customer segments dan value proposition, menggunakan
metode action research dan pendekatan kualitatif, melalui dua tahap pengujian
yaitu test the problem dan test the solution.
Penelitian ini dilakukan dengan jalan wawancara terhadap 30 orang
responden, setelah dilakukan uji solusi maka di dapatkan verifikasi model bisnis
terhadap dua blok yaitu customer segments dengan hasil : masyarakat Purwakarta
dengan rentan umur 17- 40 tahun, mahasiswa atau pelajar, masyarakat umum,
komunitas sepak bola, dan sekolah sepakbola. Dan hasil value proposition yaitu :
lapangan sepakbola menggunakan rumput sintetis dengan ukuran yang lebih kecil
dari lapangan sepakbola, fasilitas-fasilitas seperti kamar mandi, tempat solat,
tribun penonton, dan dari segi kerataan lapangan dan penyerapan air yang bagus
No other version available