Electronic Resource
Rencana Bisnis Konsultan Dan Agen Properti Syariah Dengan Analisis Model Canvas
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan
mengembangkan model bisnis pada Konsultan dan Agen Properti Syariah dengan
menggunakan Analisis Business Model Canvas yang menitikberatkan pada
elemen customer segments dan value propositions. Metode penelitian yang
digunakan adalah Metode Action Research.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan
wawancara mendalam kepada 30 responden yang terdiri dari 9 developer properti
syariah Bogor dan 21 masyarakat berdomisili Jabodetabek yang merupakan
konsumen dan calon konsumen Mafara Properti. Data yang didapatkan diuji
dengan 2 tahap pengujian, Yaitu Uji Masalah (Test The Problem) dan Uji Solusi
(Test The Solution) untuk mendapatkan hasil Business Model Canvas yang valid.
Hasil dari analisis tahap uji masalah Business Model Canvas Mafara
Properti menyebabkan beberapa pembaharuan model bisnis awal yaitu
penambahan pada elemen Customer Segment, diantaranya adalah: masyarakat
(penghasilan 5 jt-15 jt/Bulan, pra pensiun, berdomisili Jabodetabek). Adapun pada
elemen value proposition, terdapat penyesuaian dan penambahan, diantaranya
adalah: garansi refund penipuan/kerugian, penyediaan sistem informasi
manajemen dan aplikasi properti syariah yang sudah difilter. Hasil dari
pembaharuan model bisnis tersebut penulis uji kembali dengan tahap uji solusi
(test the solution) dan mendapatkan model bisnis yang valid. Hasil dari uji solusi
tersebut yaitu, Customer Segment: developer (
No other version available