Electronic Resource
Strategi Penyelesaian Nasabah Wanprestasi Akibat Force Majeure (Gempa Bumi) Di Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia K.C Moh. Yamin Palu)
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun strategi yang
digunakan bank dalam menyelesaikan masalah nasabah wanprestasi akibat force
majeure (gempa bumi).
Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakuakan dengan wawancara mendalam (indepth interview)
yang terdiri dari praktisi, akademisi dan regulator. Analisis data menggunakan
ANP (Analytical Network Process) dengan menggunakan perangkat lunak Super
Decision 2.1 untuk menyusun struktur model indeks.
Hasil/Temuan : Dari hasil analisis data prioritas permasalahan internal adalah
kerusakan pada beberapa kantor bank dengan nilai 0.51. Dan prioritas utama
dalam masalah eksternal adalah hilangnya dokumen pribadi nasabah dengan bobot
nilai 0.39, prioritas permasalahan yang kedua adalah aset yang diagunkan
mengalami kerusakan dengan nilai 0.33 . Solusi yang menjadi prioritas utama
dalam aspek internal adalah restrukturisasi pembiayaan dengan nilai 0.21.
Prioritas kedua pada solusi internal adalah meningkatkan kualitas SDM bank
dengan nilai 0.21, dan yang menjadi prioritas ketiga adalah reconditioning dengan
nilai prioritas 0.2. Pada aspek eksternal, yang menjadi prioritas utama adalah
asuransi agunan terhadap bencana alam dengan nilai 0.55.
No other version available