Electronic Resource
Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia
Corporate social responsibility (CSR) perusahaan merupakan salah satu bentuk
kepedulian sebuah perusahaan terhadap lingkungan. Saat ini CSR bertujuan untuk
memaksimalkan laba tetapi juga dituntut untuk lebih mengakomodasi kebutuhan
masyarakat dan stakeholder-nya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan bukti
empiris pengaruh CSR yang memiliki variabel yaitu kesejahteraan karyawan
(KK) dan program plasma (PP) terhadap profitabilitas yang memiliki enam
variabel yaitu gross profit margin (GPM), operating profit margin (OPM), net
profit margin (NPM), return on assets (ROA), return on equity (ROE), earnings
per share (EPS), dan Nilai Perusahaan (Q). Sampel penelitian ini menggunakan 7
perusahaan perkebunan yang terdaftar di ISSI periode tahun 2011-2015. Data
yang digunakan adalah laporan keuangan yang dikeluarkan perusahaan tiap tahun.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode judment sampling. Penelitian
ini menggunakan metode Data Panel yang memiliki tiga pendekatan model yaitu
Pooled Least Square, Fixed Effect Model, Random Effect Model. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa selama periode 2011-2015 dengan menggunakan metode
pendekatan Fixed Effect Model dan Common Efect Model, Dari ke-empatbelas
variabel yang diteliti hanya enam variabel yang berpengaruh secara signifikan
negatif terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan yaitu variabel kesejahteraan
karyawan (KK) corporate social responsibility terhadap return on assets (ROA)
dan nilai perusahaan (Q) dan program plasma (PP) corporate social responsibility
terhadap net profit margin (NPM), return on assets (ROA), return on equity
(ROE), dan earnings per share (EPS). Untuk penelitian berikutnya dapat
memperbanyak jumlah sampel, jumlah variabel, dan memperpanjang periode
penelitian.
No other version available