Electronic Resource
Analisis Pemasaran Berbasis Online Dalam Pariwisata Ramah Muslim (Studi Kasus di Desa Wisata Saung Ciburial)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran berbasis online yang dilakukan,
kendala selama pelaksanaanya serta respon dari masyarakat sebagai pelanggan atau
pengikut sosial media milik objek penelitian. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif
menggunakan studi kasus di salah satu destinasi wisata di Kabupaten Garut. Data
tersebut diperoleh melalui wawancara kepada pihak pengelola, penyebaran angket
kepada masyarakat tertentu, serta analisis dokumen dari pengarsipan pengelola.
Penelitian ini menunjukkan terdapat dua jenis pemasaran berbasis online yang
digunakan oleh Desa Wisata Saung Ciburial, yakni Web dan Instagram. Temuan
selanjutnya menunjukkan bahwa terdapat dua kendala dalam pelaksanaan pemasaran
berbasis online, yaitu; keterbatasan dalam memberikan respon secara cepat kepada
konsumen, serta kurangnya koordinasi dan komunikasi internal bagian pemasaran.
Selanjutnya, penelitian ini memberikan hasil mengenai tanggapan dari pengikut media
sosial desa wisata tersebut. Mereka beranggapan bahwa konten yang disajikan melalui
media sosial Instagram dirasa monoton dan kurang informatif.
No other version available