Electronic Resource
Rancangan Rumah Tahfidz ''Quran Addict''Dengan Model Bisnis Kanvas
Salah satu usaha nyata dalam proses pemeliharaan kemurnian dan keontetikan
alquran adalah dengan menghafalnya, karena hukumnya fardhu kifayah. Tradisi
menghafal alquran akan terus dilanjutkan setelah wafatnya nabi Muhammad SAW
hingga kapanpun sebagai amal ibadah. Banyak kemuliaan dan keutamaan para
penghafal alquran yang banyak tersebut didalam hadits serta alquran. Hal ini
mendorong penulis penulis untuk mecari terobosan baru mengintegrasikan
pendidikan dengan tahfidz sebagai upaya pembentukan generani rabbani yang
senantiasa mendalami ilmu alquran dan mengajarkannya serta upaya untuk
mengentaskan buta huruf alquran dimana kenyataan masyarakat muslim indonesia
65% masih buta huruf alquran, 35% hanya bisa membacanya tanpa kaidah tajwid
yang baik dan benar serta hanya 20% yang mampu membacanya dengan baik dan
benar.
Model Bisnis kanvas ini menggunakan metode wawancara eksploratif untuk
mengetahui potensi pasar terutama pada customer segment dan mengetahui value
proposition nya.
Berdasarkan hasil penelitian pada 49 responden yang terdiri dari dari 26 laki laki
dan 23 perempuan, penulis menyimpulkan bahwasanya customer segment yang
tepat untuk rumah tahfidz quran addict mahasiswa, pelajar, orang tua, keluarga
dan karyawan swasta. Value proposition yang tepat untuk rumah tahfidz quran
addict yaitu mencakup 10 keunggulan nya berupa 4 tahun 30 juz, Praktik
Kewirausahaan, Camp Qur’an, Praktik imam, Pelatihan nadgam, SERBAQU,
Klinik Qur’an, Progam Kawan Murojaah, Lingkungan yang nyaman, dan adanya
program jalan-jalan yang sering diselipkan dalam proses belajar Al-Quran untuk
menghilangkan kejenuhan.
No other version available