Electronic Resource
Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Customers Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal (Studi pada Mahasiswa STEI Tazkia yang Pernah Melakukan Pembelian Melalui Sosial Media Instagram)
Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh kegiatan viral
marketing terhadap kepercayaan pelanggan melalui media Instagram dan
pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk makanan halal oleh konsumen.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif yang menggunakan kuisioner sebagai teknik
pengumpulan data primer. Data dikumpulkan menggunakan metode accidental
complex random sampling. Populasi dari penelitian ini berjumlah 1.653 mahasiswa
STEI Tazkia Bogor yang memiliki akun dan pernah melakukan pembelian melalui
Instagram. Sampel yang digunakan sebanyak 175. Penelitian ini menggunakan path
analysis untuk menganalisa data dengan SPSS 16.00 for windows.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel viral marketing
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan customers internal dan
eksternal dan berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Hal ini
dibuktikan dengan nilai koefisien viral marketing terhadap kepercayaan customers
internal sebesar 0,407 dengan signifikansi 0,000 (0,000 < 0,050) da viral marketing
terhadap kepercayaan customers eksternal sebesar 0,580 dengan signifikansi 0,000
(0,000 < 0,050). Variabel viral marketing mempengaruhi keputusan pembelian
secara langsung dengan nilai koefisien 0,617 dengan signifikansi 0,000 (0,000 <
0,050). Tetapi variabel kepercayaan customers internal dan eksternal tidak memiliki
pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian dengan hasil koefisien 0,086
dengan signifikansi 0,163 (0,163 > 0,050) dan 0,015 dengan signifkansi 0,831
(0,831 > 0,050).
No other version available