Electronic Resource
Rancangan Bisnis Model Kanvas Khimar Shohih
Indonesia merupakan Negara dengan jumlah penduduk yang beragama Islam
terbanyak di dunia. Dalam lima tahun terakhir, menyaksikan terjadinya perubahan
besar pada konsumen kelas menengah muslim yakni revolusi hijab yang terjadi
secara massif diseluruh negri. Hijab yang dahulunya diasosiasikan sebagai busana
kampungan, puritan, santri dan identik ibu-ibu pengajian di kampung, kini
berubah 180 derajat menjadi tampil modern, stylish dan fashionable. Hal ini yang
mendasari penulis untuk mengembangkan produk khimar syar'i dalam memenuhi
peluang serta kebutuhan pasar yang tersedia. Oleh karena itu, dibuatlah suatu
kanvas model bisnis untuk mengukur kelayakan produk tersebut, terutama dalam
menentukan customersegment dan value proposition dengan metode action
research dan menggunakan dua tahapan pengujian uji masalah dan uji solusi.
Ditentukan 30 responden untuk melakukan wawancara mengenai pengujian
masalah dan pengujian solusi terkait hal ini. Sebagai target pasar, muslimah yang
telah mengetahui khimar syar’i, maka 100% responden bisa dikatakan potensial
dalam penelitian ini. Hal ini diperkuat dengan responden yang telah menggunakan
khimar syar’i dalam kesehariannya. Hasil penelitian diperoleh bahwa segmentasi
pelanggan terdiri dari musilimah universalist, dan komunitas hijab syar’i untuk
vaule proposition anti ketat, produk bergaransi, bahan premium, dan costum pet.
No other version available