Electronic Resource
pengaruh brand image dan strategi promosi online terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen (Studi kasus HijUp.com)
Masalah kemiskinan masih menjadi kendala dalam membangun
pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia dan seluruh
kegiatan ekonomi masyarakat didukung dengan ketersediaan lembaga keuangan
yang terdapat di seluruh daerah yang ada di Indonesia tidak terkecuali di
Kabupaten Bogor. Islam sebagai agama yang komprehensif telah mewajibkan
adanya sirkulasi kekayaan kepada semua elemen masyarakat, dan mencegah
terjadinya sirkulasi kekayaan hanya kepada segelintir orang. Baituttamkin Tazkia
Madani (BTTM) adalah salah satu lembaga keuangan mikro dengan konsep
Islamic Microfinance telah melakukan pemberdayaan berupa pembinaan secara
komprehensif (spiritual, sosial dan finansial). Hal ini dilakukan sebagai upaya
mengentaskan penyebab persoalan kemiskinan yang dialami masyarakat
pedesaan untuk meningkatkan taraf hidup. Penulisan ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembinaan terhadap kesejahteraan rumah tangga
anggota BTTM yang menggunakan akad bisnis melalui pendekatan Structural
Equation Modelling (SEM). Hasil Penulisan menunjukan bahwa pembinaan
aspek spiritual (religiusitas) dan aspek finansial berpengaruh positif terhadap
kesejahteraan baik secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan
pembinaan aspek sosial berpengaruh negatif terhadap kesejahteraan anggota
BTTM baik secara langsung maupun tidak langsung. Aspek pembinaan yang
paling berpengaruh terhadap kesejahteraan adalah pembinaan aspek spiritual.
No other version available