Electronic Resource
Bisnis Model Kanvas JELAJAH TROPIS
Wisata outbound ini merupakan salah satu bentuk usaha wisata yang dapat
dikembangkan seiring berkembangnya zaman. Hal yang mendasari untuk
dikembangkannya usaha ini adalah perkembangan jumlah konsumen outbound
yang berdomisili di Indonesia. Oleh karena itu, dibuatlah suatu kanvas model bisnis
untuk mengetahui kelayakan usaha outbound tersebut, terutama dalam menentukan
customer segments dan value propositions yang tepat. Rencana model bisnis ini
menggunakan metode action research dengan pendekatan customer discovery.
Terdapat dua tahapan utama dalam model bisnis ini, yaitu pengujian permasalahan
dan pengujian solusi. Sebagai hasil pada pengujian permasalahan, 50,00% atau 15
dari 30 responden ditentukan sebagai konsumen potensial usaha wisata outbound.
Selain itu, terdapat empat permasalahan dalam wisata outbound. Untuk mengatasi
permasalahan-permasalahan tersebut, beberapa solusi ditawarkan kepada
konsumen potensial sehingga mereka memberikan pendapat dan sarannya. Para
konsumen menyatakan bahwa mereka tertarik untuk mengunjungi outbound
tersebut. Berdasarkan hasil tersebut, didapatkan hasil akhir kanvas model bisnis,
terutama pembaruan pada customer segments dan value propositions.
No other version available