Electronic Resource
Perencanaan pengembangan bisnis kreatif cookies keby-keby dari tepung cangkang kepiting
Produk cookies Keby-Keby merupakan salah satu produk makanan ringan yang
menyehatkan,sehingga sangat cocok bagi pecinta makanan ringan yang takut akan
bahaya kandungan makanan-makanan ringan diluar sana yang dapat
menyebabkan berbagai macam penyakit. Hal inilah yang mendasari penulis untuk
mengembangankan produk Keby-Keby dalam memenuhi peluang serta kebutuhan
pasar yang tersedia. Oleh karena itu, dibuatlah suatu kanvas model bisnis untuk
mengukur kelayakan produk tersebut, terutama dalam menentukan custumer
segments dan value propositions yang tepat. Rencana model bisnis ini
menggunakan metode action research dengan pendekatan costumer discovery.
Terdapat dua tahapan utama dalam model pengujian bisnis ini, yaitu pengujian
permasalahan dan pengujian solusi. Sebagai hasil pada pengujian tersebut 93%
dari 30 responden setuju dengan adanya cookies Keby-Keby ini. Kemudian titik
impas atau BEP cookies Keby-Keby ialah 526 unit dan IRR sebesar 35%. Selain
itu, terdapat permasalahan permasalahan dalam produk cookies Keby-Keby yang
menghasilkan solusi-solusi baru dari hasil pendapat dan saran para
responden.Berdasarkan hasil tersebut, didapatkan hasil akhir kanvas model bisnis,
dan pembaruan-pembaruan pada customer segments dan value propositions yang
telah disesuaikan dengan pasar.
No other version available