Electronic Resource
Perencanaan Bisnis Kedai Kopi Djembar dengan Analisis Bisnis Model Kanvas
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisa dan
mengembangkan model bisnis pada Kedai kopi Djembar dengan menggunakan
Analisis Business Model Canvas. Setelah mengidentifikasi Business Model Canvas,
maka akan dilakukan analisis pada setiap elemen yang terdiri dari customer
segments, value propositions, channels, customer relationship, revenue streams,
key resources, key activities, key partnership, dan cost structure, dengan analisis
S.W.O.T. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Action Research
dengan pendekatan Custumer Discovery.
Analisis Business Model Canvas yang terfokus pada elemen customer
segment dan velue proposition dan dengan menggunakan dua tahapan pengujian,
yaitu uji masalah dan uji solusi terhadap 30 responden dengan mengajukan
wawancara mengenai permasalahan dan mengajukan solusi untuk menjawab
permasalahan tersebut. Hasil analisa bisnis model canvas terdapat dua elemen yang
dapat dikembangkan lebih lanjut yaitu Kedai Kopi Djembar sudah memiliki nilai
proposisi yang jelas, memberikan Kopi Nusantara dengan kualitas terbaik dengan
penyajian manual brewing, desain tempat natural alami, edukasi tentang kopi,
ruang diskusi, ruang inovasi, lahan parkir yang cukup luas. Sedangkan customer
segment yaitu anak muda yang hobi nongkrong, pecinta kopi, kalangan menengah
keatas, mahasiswa, dan komunitas. Namun dalam persaingan yang semakin ketat
sebagai kafe perlu konsisten dengan senantiasa memberikan pelayanan terbaik serta
terus berinovasi
No other version available