Electronic Resource
Rencana Bisnis SELUBI (Selai Ubi) Sebagai Healthy Food dengan Analisa Bisnis Model Kanvas
Pemanfaatan umbi-umbian menjadi sebuah makanan jadi yang sehat saat
ini jarang sekali ditemui dipasaran, mulai dari makanan yang mengandung
kandungan gizi yang baik, tanpa bahan pengawet dan tanpa bahan pewarna.
Makanan jadi seperti selai masih sedikit yang memanfaatkan umbi-umbian
sebagai bahan bakunya, salah satu contohnya selai yang terbuat dari ubi. Dari ide
tersebut maka bisnis SELUBI (Selai Ubi) dapat menjadi salah satu makanan yang
potensial untuk dikembangkan, dengan dirancang menggunakan konsep model
bisnis kanvas yang terdiri dari 9 elemen penting, namun yang akan difokuskan
adalah pada elemen customer segmentation dan value proposition dengan metode
action research dan menggunakan dua tahapan pengujian, yaitu uji masalah dan
uji solusi terhadap 30 responden dengan melakukan wawancara mengenai
permasalahan yang dirasakan dan mengajukan solusi untuk menjawab permasalah
tersebut. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa customer segment pada
bisnis SELUBI ialah pelajar/mahasiswa, masyarakat yang telah menjalankan pola
hidup sehat, masyarakat yang berusia 21-30 tahun lebih mendominasi, dan
masyarakat yang berpendapatan kurang dari Rp 1.000.000. Value proposition
bisnis SELUBI ini ialah semua bahan baku berasal dari ubi ungu, menjadi produk
lokal inovatif, kemasan produk yang menarik dan beraneka ragam, tanpa bahan
pengawet, varian rasa dan edukasi mengenai produk selai dalam kemasan. Hasil
analisis menunjukkan bahwa bisnis ini layak untuk dilanjutkan.
No other version available