Electronic Resource
Rencana bisnis industri gula merah serbuk “golden sugar” dengan analisis model bisnis kanvas
Produk gula merah serbuk merupakan salah satu usaha yang bergerak
dibidang pangan pokok. Tujuannya untuk mempermudah konsumen dalam
menggunakan gula merah. Rencana bisnis juga dibutuhkan agar usaha yang akan
dijalankan mampu bersaing dan berkembang menjadi besar dan market pasar
semakin luas. Hal inilah yang mendasari penulis untuk membangun produk gula
merah serbuk. Oleh karena itu, dibuatlah suatu kanvas model bisnis untuk
mengukur kelayakan produk tersebut, terutama dalam menentukan customer
segments dan value propositions yang tepat.
Rencana model bisnis ini menggunakan metode action research dengan
pendekatan customer discovery. Terdapat dua tahapan utama dalam model
pengujian bisnis ini, yaitu pengujian permasalahan dan pengujian solusi.
Hasil pada pengujian tersebut 100% dari 30 responden tertarik akan gula
merah serbuk. Selain itu, terdapat permasalahan-permasalahan dalam produk gula
merah serbuk yang menghasilkan solusi-solusi baru dari hasil pendapat dan saran
para responden. Berdasarkan hasil tersebut, didapatkan hasil akhir kanvas model
bisnis, dan pembaharuan-pembaharuan pada customer segments dan value
propositions yang telah disesuaikan dengan pasar, yaitu: penambahan
Supermarket dan masyarakat sekitar dan penghapusan hotel dan restoran yang ada
dalam ekstraksi model bisnis awal sebagai customer segments dan penambahan
penjualan secara online (what’s app chatting) dan kemasan menggunakan plastic
zipper sebagai value proposition yang baru.
No other version available