Electronic Resource
Analisis Pengaruh Public Relation, Kestrategisan Dan Trust Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Pelayanan Prima Pada Bsm Cabang Sentul
Mempertahankan nasabah dianggap penting dibandingkan dengan menarik
nasabah baru, karena hal tersebut bisa dianggap lebih murah dibandingkan dengan
menarik kembali nasabah yang sudah pergi. Loyalitas nasabah akan mengurangi
biaya BSM Cabang Sentul untuk mencari pelanggan baru, selain itu biaya untuk
mempertahankan nasabah lebih murah bila dibandingkan dengan biaya yang
dikeluarkan untuk mencari nasabah baru. Jika dilihat dari kuatnya persaingan
perbankan syariah yang ada saat ini, maka memperkuat kinerja bisnis dengan
memperhatikan faktor public relation, kestrategisan lokasi dan trust, serta
memberikan pelayanan prima merupakan keharusan yang dilakukan oleh BSM
Cabang Sentul untuk mempertahankan loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji dan menemukan bukti empiris mengenai pengaruh public relation,
kestrategisan lokasi dan trust terhadap loyalitas nasabah melalui pelayanan prima
pada BSM Cabang Sentul.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Public relation berpengaruh
signifikan terhadap pelayanan prima dan loyalitas. Besar pengaruh public relation
terhadap loyalitas melalui pelayanan prima adalah 0,707. (2) Kestrategisan lokasi
berpengaruh signifikan terhadap pelayanan prima tetapi tidak berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas. Besar pengaruh kestrategisan lokasi terhadap
loyalitas melalui pelayanan prima adalah 0,117. (3) Trust tidak berpengaruh
signifikan terhadap pelayanan prima tetapi berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas. Besar pengaruh trust terhadap loyalitas melalui pelayanan prima adalah
0,136.
No other version available