Electronic Resource
analisis pengembangan model bisnis canvas terhadap usaha industry jasa laundry kiloan (studi kasus :warna laundry)
Produk jasa laundry merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang
jasa. Tujuannya untuk membantu pekerjaan rumah yang tidak bisa dikerjakan
sendiri dan memenuhi kebutuhan konsumennya. Pengembangan juga dibutuhkan
agar usaha yang telah dijalankan akan berkembang menjadi besar dan market
pasar semakin luas. Hal inilah yang mendasari penulis untuk mengembangkan
produk jasa laundry. Oleh karena itu, dibuatlah suatu kanvas model bisnis untuk
mengukur kelayakan produk tersebut, terutama dalam menentukan custumer
segments dan value propositions yang tepat. Rencana model bisnis ini
menggunakan metode action research dengan pendekatan costumer discovery.
Terdapat dua tahapan utama dalam model pengujian bisnis ini, yaitu pengujian
permasalahan dan pengujian solusi. Sebagai hasil pada pengujian tersebut 100%
dari 30 responden pernah menggunakan jasa laundry. Kemudian titik impas atau
BEP Warna laundry ialah 1.300kg/bulan dan IRR sebesar 15%. Selain itu,
terdapat permasalahan permasalahan dalam produk laundry yang menghasilkan
solusi-solusi baru dari hasil pendapat dan saran para responden. Berdasarkan hasil
tersebut, didapatkan hasil akhir kanvas model bisnis, dan pembaruan-pembaruan
pada customer segments dan value propositions yang telah disesuaikan dengan
pasar.
No other version available