Electronic Resource
Analisa Model Bisnis Kanvas pada Rencana Bisnis Coklat Rasa KopiAceh
Indonesia merupakan negara penghasil kakao terbesar ke tiga di dunia
setelah pantai gading dan Ghana, sehingga harus diikuti dengan adanya industri
pengolahan kakao untuk meningkatkan nilai ekonomis kakao lokal. Biji kakao
dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman, coklat juga dapat
dipadukan dengan berbagai makanan dan minuman lainnya sehingga dapat
menghasilkan rasa yang unik, salah satunya dengan melakukan diversifikasi
produk coklat rasa kopi Aceh sebagai produk oleh-oleh khas Aceh. Sehingga bagi
wisatawan yang berkunjung ke Aceh, kopi tidak hanya dapat dinikmati sebagai
minuman tetapi juga sebagai cemilan. Rencana bisnis model ini dibuat untuk
mengukur kelayakan produk serta penetapan customer segment dan value
propositions. Metode yang digunakan dalam penyusunan model bisnis ini adalah
metode action research dengan dua tahap pengujian yakni uji masalah dan uji
solusi. Setelah dilakukan dua kali pengujian dengan wawancara kepada 40
responden, didapatkan hasil bahwa costumer segment dari produk ini adalah
wanita usia 30-50 Tahun dengan penghasilan diatas Rp 5.000.000 per bulan,
masyarakat Aceh yang bekerja atau melanjutkan pendidikan di luar Aceh,
wisatawan dan mahasiswa dengan penghasilan kisaran Rp 1.100.000 – Rp
2.500.000 per bulan. Adapun Value Proposition dari produk ini adalah coklat
dengan kombinasi rasa kopi khas Aceh, kemasan unik, ramah lingkungan dan
dapat digunakan kembali, terdapat label halal pada kemasan, serta terdapat info
unik Aceh tentang sejarah Aceh, kosakata bahasa Aceh dan tempat wisata Aceh.
No other version available