Electronic Resource
ANALISIS PRINSIP KONSUMSI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM BERBELANJA ONLINE SHOP
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip konsumsi Islami benar-benar telah
diterapkan oleh Mahasiswa Hafidzpreneur Institut Agama Islam Tazkia dalam berbelanja
online shop. Metode pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan data primer melalui wawancara dengan Mahasiswa Kampus
Matrikulasi Hafidzpreneur Institut Agama Islam Tazkia dan menyukai berbelanja secara
online shop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa dari berbagai
angkatan telah menerapkan prinsip-prinsip konsumsi Islam, dengan mahasiswa angkatan
2020 menjadi yang paling banyak menerapkan prinsip konsumsi Islam dalam berbelanja
online shop. Para mahasiswa menjalankan prinsip syariah dalam berbelanja, menghindari
riba, memperhatikan maslahah (kebaikan dunia dan akhirat), dan menyalurkan
pengeluarannya untuk di jalan Allah melaui infak, sedekah, dan wakaf. Selain itu, para
mahasiswa juga menekankan prinsip kebersihan dalam berbelanja online, menghindari
Jurnal Syarikah P-ISSN 2442-4420 e-ISSN 2528-6935 Volume 9 Nomor 2, Desember 2023 279
israf (pemborosan) dan gharar dalam transaksi online. Para mahasiswa juga telah
menerapkan prinsip kemurahan hati dan moralitas dalam berbelanja online shop. Dengan
demikian, hal ini sejalan dengan penerapan ilmu ekonomi syariah di kehidupan sehari-hari.
No other version available