Electronic Resource
Rencana Bisnis Parfum ''Gaharu '' Menggunakan Analisis Bisnis Model kanva
Parfum merupakan campuran minyak atsiri dan senyawa aroma, fiksatif,
serta pelarut yang digunakan untuk memberikan aroma harum pada tubuh manusia,
ruangan, atau objek tertentu. Parfum Gaharu merupakan usaha yang memasarkan
jenis parfum non alkohol dengan beberapa varian, menciptakan pengalaman
eksklusif dengan aroma khas untuk menemani aktivitas sehari-hari. Parfum Gaharu
menawarkan beberapa varian parfum, termasuk Oud Nusantara, Oud Shanai, dan
Oud Zahra. Dalam penelitian model bisnis kanvas ini, Parfum Gaharu
memfokuskan perhatian pada dua objek penelitian, yaitu customer segments dan
value propositions. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah action
research dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan melalui dua tahap,
yakni uji masalah dan uji solusi, dengan menerapkan wawancara dan menawarkan
solusi kepada 30 responden. Hasil pengujian masalah dan pengujian solusi
menunjukkan penetapan model bisnis baru pada komponen customer segments,
value propositions, dan revenue streams. Customer segments Parfum Gaharu
melibatkan mahasiswa, karyawan, dan pekerja. Beberapa value propositions yang
dihadirkan oleh Parfum Gaharu antara lain aroma yang tahan lama, kemasan box
kecil, keberlanjutan BPOM Produk (Badan Pengawas Obat dan Makanan), serta
memiliki 10 varian berbeda.
No other version available