Electronic Resource
Rencana Bisnis Kerupuk Ikan Tuna “KUKITA” dengan Analisis Model Bisnis Kanvas
Ikan tuna atau yang lebih dikenal sebagai ikan ekor kuning merupukan
salah satu ikon di Mamuju Utara Sulawesi Barat, menurut Dinas Kelautan dan
Perikanan (DKP) Sulawesi Barat bahwa potensi penangkapan ikan tuna di
Provinsi Sulawesi Barat mengalami peningkatan setiap tahunya dari tahun 2010
sebesar 8.474 ton mengalami peningkatan yang sangat seknifikan pada tahun
2012 mencapai 35.789 ton, dari fenomena yang terjadi muncullah sebuah ide
untuk mengolah ikan tuna menjadi produk siap jual dan apabila dapat di
kembangkan dan di kelola secara baik maka dapat memejukan perekonomian
Indonesia khususnya perekonomian di Sulawesi Barat.
Tujian dari penelitian ini untuk mevalidasi customer segments dan value
proposition pada ektraksi bisnis awal, penelitian mengunakan action research dan
mengunakan Bisnis Model Kanvas (BMC) sembilan blok untuk mendapatkan
customer segmants dan value proposition dengan melakukan uji masalah dan uji
solusi kepada 30 reponsen, dari hasil uji masalah dan solusi di dapatkan hasil
bahwa konsuman mengiginkan kerupuk ikan tuna dengan rasa ikan tuna yang kuat
tetapi dengan harga yang kompetitif, dan pemanfaatan limbah ikan tuna yang di
jadikan tepung dan dapat di distribusikan sebagai pakan ternak dan tambak,
sehingga tidak menimbulkan permarmasalahan lingkungan, kesimpulan dari
penelitian ini di dapatkan bahwa customer segman adalah ibu runag tangga dan
pegawai negri sipil dan value proposition berupa kerupuk ikan tanpa tambahan
bahan pengawet dan pewarna makanan serta rasa ikan tuna yang lebih kuat
dengan harga yang kompetitif
No other version available